Tanoto Foundation Bangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA)

Group Options

Tanoto Foundation Bangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA)
Category:
Created:
Tuesday, 01 August 2017
Group Admins:

Berdasarkan hasil rapat PBB tahun lalu, bahwa akan mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs), yang memiliki 17 point tujuan pembangunan berkelanjutan untuk manusia dan bumi yang lebih baik. Adapun tujuan SDGs yang ke 11 yaitu membuat permukiman dan kota yang inklsif, aman, dan berkelanjutan. Karena itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI membangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

 

Dalam rangka mewujudkan pembangunan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak, Pemprov DKI dibantu oleh empat yayasan, 25 perusahaan, dan satu lembaga swadaya masyarakat. Salah satu yayasan yang membantu pembangunan tersebut yaitu Tanoto Foundation. Oleh sebab itulah Pemprov DKI memberikan penghargaan terhadap pihak-pihak yang telah menyumbangkan dana corporate social responsibility (CSR). Penghargaan tersebut diberikan sebagai tanda terima kasih dan apresiasi Pemprov DKI Jakarta karena telah mendukung Jakarta sebagai kota yang layak anak serta ramah. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Pelaksana Tugas Gubernur DKI, Djarot Saiful Hidayat dan dilaksanakan di Balai Kota DKI.

 

Adapun daftar perusahaan – perusahaan yang memberikan CSR dalam mendukung pembangunan RPTRA tersebut. Diantaranya yaitu PT Gajah Tunggal, PT Astra Internasional, PT Pembangunan Jaya, PT Agung Sedayu Grup, PT Summarecon Agung, PT Multilan, PT Indofood Sukses Makmur, PT Agung Podomoro, PT Harapan Global Niaga, PT Nestle, PT Bintang Tujuh, PT Sinarmas Land, PT Greenwood, Blibli.com, Dharma Suci,Yayasan Bakti Barito, Yayasan Sekolah Belajar, Tanoto Foundation, dan warga Pegangsaan 2 atau masyarakat itu sendiri.

 

RPTRA itu sendiri sebenarnya berangkat dari permasalahan yang ada di Jakarta yaitu kurangnya ruang interaksi antar teman bermain maupun antar warga khususnya untuk anak. Untuk memecahkan permasalahan tersebut, dibutuhkannya sebuah tempat atau taman yang dapat menampung kegiatan masyarakat baik anak-anak maupun orang dewasa. Sehingga tercetuslah ide membangun RPTRA tersebut.

 

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak tersebut dibangun dengan luas 2.400 meter persegi. Pembangunannya pun dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti perpustakaan, lapangan futsal, taman bermain anak, amphiteater, kolam nutrisi, hingga ruangan serbaguna.

 

Alasan Tanoto Foundation turut serta dalam membangun RPTRA tersebut karena Tanoto Foundation merupakan lembaga filantropi yang peduli terhadap pembangunan Indonesia berkelanjutan. Pembangunan itu pun juga selaras dengan prinsip Sukanto Tanoto selaku pendiri Tanoto Foundation, yaitu percaya bahwa belajar tidak selalu harus di dalam kelas, tetapi juga bisa dilakukan di lingkungan sekitar. 

 

Kini dengan adanya Ruang Publik Terpadu Ramah Anak, Ketua Pengurus Tanoto Foundation, Sihol Aritonang, mengharapkan anak-anak di daerah Tebet Barat dan sekitarnya dapat bermain dan belajar sehingga bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik. Selain itu fasilitas ini juga diharapkan dapat dinikmati oleh orang tua agar bisa berkumpul, bersosialisasi, sehingga dapat memunculkan ide-ide positif dari Ruang Publik Terpadu Ramah Anak tersebut.

 

Dalam kesempatan peresmian tempat tersebut, Ahok selaku Gubernur DKI Jakarta juga menyampaikan bahwa kerjasama antara pemerintah dan pihak swasta seperti Tanoto Foundation seperti ini sangat diperlukan sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang dapat menikmati fasilitas publik seperti RPTRA.

info lanjut tentang pendiri tanoto foundation kunjungi http://areep.net/kredibilitas-sangat-krusial-bagi-sukanto-tanoto/

There are no announcements yet.
There are no discussions in this group yet. Why don't you create one?
UA-31881063-1